Delete this element to display blogger navbar

Berbagai Tradisi Unik Dunia

Setiap negara pasti punya tradisi unik untuk merayakan sesuatu. Misalnya di Toraja, setiap orang yang meninggal mayatnya harus dibakar. Nah sekarang ane mau bahas tradisi yang jauh lebih unik gan. Cekidot!




Spoiler for tradisi 1:
Membuang Gigi Susu yang Copot


Spoiler for di Vietnam:

Gigi bawah ataupun gigi atas dibuang ke atap rumah


Spoiler for di Cina, Jepang, dan Korea:

Kalo gigi bawah dibuang ke atap rumah, kalo gigi atas dibuang ke kolong rumah. Dengan demikian diharapkan gigi bawah tumbuh sehat ke atas dan gigi atas tumbuh sehat ke arah bawah.


Spoiler for di Amerika dan Inggris:
Anak kecil menaruh gigi yang copot di bawah bantal sebelum tidur. Lalu, peri gigi akan mengambil gigi itu di malam hari. Nah, pas pagi si anak akan menemukan uang di bawah bantalnya. Pasti agan tau dong, "peri gigi"-nya ya orang tuanya.



Spoiler for di Prancis:
Mirip sama anak di Amerika & Inggris. Tapi mereka bukan menemukan uang, melainkan mainan seperti mobil-mobilan atau boneka.



Spoiler for di Slovenia:
Mirip dengan Prancis, hanya saja penggantinya adalah permen. Kalo agan sukanya yang mana, duit, mainan apa permen?



Spoiler for di Meksiko dan Spanyol:
Di dua negara latin ini, tradisinya sama kayak Amrik & Inggris, tapi bukan peri gigi yang ngambil gigi itu, tapi TIKUS. Terus tuh tikus ngeganti gigi dengan uang. Kalo kata agan, enakan didatengin peri gigi apa tikus gan?


Spoiler for di Israel dan Italia:

Mereka emang gak punya tradisi buat gigi copot. Tapi ada beberapa orang yang suka menyimpan gigi copot untuk kenang-kenangan.


Spoiler for di Mongolia:

Gigi diberikan kepada makanan anjing muda. Karena anjing di Mongolia dianggap sebagai malaikat penjaga. Jadi gigi yang diselipkan ke makanannya lalu disuguhkan kepada anjing muda. Pas "malaikat penjaga" memakannya, dipercaya akan tumbuh gigi yang kuat.


Spoiler for di Austria:

Kadang-kadang gigi yang copot dijadiin liontin atau gantungan kunci. Atau enggak dilempar ke atap atau kolong rumah.


Spoiler for tradisi 2:

Menghadiri Jamuan Makanan


Spoiler for di China:
Untuk kesopanan, jikka dijamu makanan di Cina, sebaiknya agan nggak ngabisin makanan yang dijamunya. Ngabisin makanan akan memberi kesan bahwa kita belom puas sama jamuan yang dihidangkan. Kalo makanannya enak gimana ya gan ?



Spoiler for di Jepang:
Untuk menunjukkan sama yang menjamu kalo kita sama makanannya adalah dengan cara menghirup dan mengunya makanan yang berkuah dengan cepat. Kalo di Indonesia, makan dengan bersuara dianggap tidak sopan, di Jepang makan dengan bersuara keras justru dianggap sebagai berseleranya tamu terhadap makanan yang disuguhkan.


Spoiler for di Prancis:

Meminta saos tomat atau sambal pada sebuah jamuan di Prancis berarti tamu dianggap nggak suka sama makanan yang dihidangkan. Wah, yang penyuka pedas kalo lagi kuliner di sana kayaknya harus menahan rasa sabar nih?


Spoiler for tradisi3:

Terhadap Orang Yang Bersin


Spoiler for di Jerman:
Orang yang mendengar orang lain sedang bersin akan berkata "Gesundheit!" yang berarti "(Aku harap kau) sehat!" untuk berharap orang yang bersin itu tidak sakit.



Spoiler for di Australia:
Biasanya akan berkata "God bless you!" atau "Bless you!", semacam doa agar Tuhan memberkati orang yang bersin itu. Terkadang ada juga yang menyebut "Take care!" agar orang yang bersin itu berhati-hati menjaga kesehatannya.



Spoiler for di Prancis:
Menyebut "Semoga mimpi-mimpimu menjadi kenyataan! (dalam bahasa Prancis)". Apa hubungannya ya bersin ama mimpi?



Spoiler for di Jepang:
Bersin sekali dianggap tanda ada orang lain yang memuji orang yang bersin itu. Bersin dua atau tiga kali dianggap ada gosip yang jelek. Kalau sampai 4 kali atau lebih berarti orang bersin itu sedang terkena flu.



Spoiler for di Argentina:
Seperti tos saat minum, orang lain berkata "Salud!" kepada orang yang sedang bersin, yang artinya mengharapkan kebahagiaan.



Spoiler for tradisi4:
Menghilangkan Cegukan


Spoiler for di Vietnam:

Biasanya dikagetin atau disuruh meneguk air seturut aba-aba orang lain.


Spoiler for di Kamboja:

Kalo orang dewasa, dia akan dikejutkan. Kalo anak-anak, ia dikagei dengan pertanyaan yang mececar, "Apa kau mencuri?". Anak tersebut mungkin akan menangis. Kalo yang cegukan bayi, maka orang tua akan menaruh potongan jerami di jidat bayi itu.


Spoiler for di Korea:
Disuruh menelan air tanpa bernafas atau menahan napas selama mungkin.



Spoiler for di Austria:
Seperti yang diatas, namun ada cara yang lebih unik lagi, yaitu berkonsentrasi membayangkan tiga orang botak . Apa hubungannya coba orang botak ama cegukan?



Spoiler for tradisi5:
Menyuruh Diam

Spoiler for di Jepang, Thailand, Amrik, Indonesia, dll:
Menaruh jari telunjuk di depan mulut sambil berkata "ssstttttttt!.


Spoiler for di Inggris (beda sendiri gan.):

Menyatukan jari telunjuk dan jempul dan menggerakannya dari ujung sisi bibir satu ke ujung bibir yang lain. Kayak kita mau nutup resleting loh gan.


Sumber: komik Donal Bebek edisi Donal's Adventure

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita