Delete this element to display blogger navbar

7 Negara Adidaya Ini Dulu Pernah Kuasai Dunia Tapi Kini Hancur Karena Perang

[​IMG]
Tahukah kamu jika di dunia ini ada beberapa negara adidaya yang dulu pernah kuasai dunia tapi hancur karena perang. Beberapa negara adidaya ini menjadi negara yang paling berpengaruh dalam peta politik dunia.

Negera tersebut pernah meraih kejayaan dalam memenangkan perang. Sejumlah peristiwa – peristiwa perang dan penjajahan pun menjadi cerita sejarah di negara tersebut. Dan kali ini ada 7 negara Adidaya yang ternyata dulu pernah menjadi penguasa dunia tapi hancur karena perang.
Inilah dia diantaranya :

1. Makedonia
Makedonia menjadi salah satu negara yang pernah menjadi penguasa dunia. Peristiwa sejarah di negara ini dipengaruhi oleh seorang pria bernama Alexander Agung atau Iskandar Agung. Kedua negara ini memerintah Makedonia dengan tangan besi. Makedonia sempat menjadi negara yang paling ditakuti dimana mereka berhasil menaklukan banyak bangsa-bangsa mulai dari Yunani Persia, Babiloniam Arab, Mesir Asyura hingga India. Sayangnya sepeninggal Alexander pada 322 SM, Makedonia yang dulunya merajai Eropa harus terpecah menjadi 4 kerajaan. Saat ini Makedonia menjadi nama dari sebuah negara repulik kecil.

2. Persia
Persia menjadi sebuah negara penguasa di jaman kerajaan Mansyur. Ketika itu Persia berhasil menguasai seluruh wilayah Timur Tengah bahkan hingga Eropa. Di bawah pimpinan Kaisar Akhemeniyah , Persia menjadi negara super yang ditakuti karena berhasil menaklukan Pakistan, Semenanjug Anatolia, Makedonia, Tracia, Afganistan, Jasirah Arab, Libya, Ethiopia, Mesir kuno hingga India Barat. Namun sayangnya , kejayaan Persia nggak bertahan lama, hingga akhirnya Persia runtuh akibat serangan Aleksander Agung dari Makedonia.

3. Romawi
Romawi menjadi kekaisaran super di Eropa dan berpusat di Kota Roma. Di masa jayanya Romawi berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Eropa bahkan hingga ke perbatasan Tiongkok (konon 21% populasi dunia takluk di bawah kekuasaan Romawi). Salah satu bukti pengaruh mereka masih ada sampai saat ini yaitu kalender mereka yang diwariskan kepada dunia sampai sekarang. Kekaisaran ini bertahan selama 2205 tahun dan seiring berjalannya waktu kekaisaran ini terpecah menjadi Romawi Barat dan Timur. Romawi Barat harus runtuh pada 476 M, sedangkan Romawi Timur baru runtuh pada 1453, saat Konstatinopel dikuasai oleh kekaisaran Ottoman.

4. Khalifah Abbasiyah
Khalifah Abbasiyah juga menjadi salah satu negara yang pernah menjadi penguasa. Di Abad 8 hingga 13 jazirah Arab dikuasai oleh kekhalifahan Abbasiyah. Saati itu Abbasiyah menjadi negara adidaya dengan pengetahun mereka di bidang ilmu pengetahuan seperti matematika dan kimia.

Khalifah Abbasiyah sendiri terletak di Mesapotamia (Irak) tepatnya kota Baghdad. Puncak kejayaan negara ini terjadi di bawah Khalifah Harun Ar-Rasyid Rahimahullah (760-809M) serta putranya, al Ma’mun (813-833 M).

Namun pada akhirnya , Kekhalifahan ini mengalami kemunduran semenjak terlibat dalam perang Salib untuk memperebutkan kota suci Yerusalem.

5. Mongol
Mongol adalah negara tandus yang dikenal sebagai bangsa penakluk yang handal. Mongol pernah menjadi penguasa karena berhasil mengalahkan Tiongkok yang ketika itu menjadi kekaisaran yang jauh lebih tua dari Mongol pada abad ke-13.

Bahkan seiring berjalannya waktu , Mongolia berhasil memperluas wilayahnya hingga ke Korea, Siberia, Persia bahkan sebagian wilayah Eropa Timur.

Namun pada akhirnya , Kubilai Khan Mongolia mengalami kemunduran dan harus takluk kepada Tiongkok pada aba ke-17 di bawah Dinasti Qing.

6. Ottoman
Setelah berhasil merebut Konstatinopel pada 1453, Kesultanan Ottoman ditakuti oleh banyak negara. Di bawah pimpinan Sulaiman I, Ottoman berhasil mencaplok beberapa wilayah Eropa Timur, Semenanjung Arab hingga Afrika Utara. Namun, kejayaan Ottoman harus segera berakhir setelah kekalahannya pada Perang Dunia I pada tahun 1923. Imperium Ottoman pun bubar dan sisanya menjadi negara baru yang saat ini kita kenal sebagai Republik Turki.

7. Uni Soviet
Uni Soviet juga menjadi salah satu negara yang pernah menjadi penguasa. Uni Soviet berjaya pada Oktober 1917. Semasa Perang Dunia II Uni Soviet menunjukan kekuatannya dan berhasil memenangkan perang Amerika. Namun karena adanya perang dingin dengan Amerika Serikat dan gejolak internal di dalam negara membuat Uni Soviet pecah dan bubar.

source

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita