Delete this element to display blogger navbar

Kesuksesan Netbook akan Segera Berakhir


Tahun kemarin merupakan salah satu yang paling mengecewakan bagi produsen PC, karena kehadiran resesi. Namun 2010 tampaknya memberikan perubahan besar.
Kesuksesan dari kategori ini sama seperti laporan Intel bulan lalu. Keuntungan telah naik 433% dari kuartal pertama, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, sebagian besar akibat kekuatan penjualan chip mobile.
Namun kuartal pertama 2010 mungkin bisa jadi kesuksesan terakhir dari mininotebook atau netbook. Pertumbuhan produk itu melonjak sebesar 71% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, namun di beberapa wilayah geografis penjualan produk ini mulai perlahan.
Ini disebabkan para komsumen “mulai mengerti batasan mininotebook, terutama dalam menghadapi pemotongan harga yang agresif dari notebook reguler,” kata analis Gartner, Mika Katagawa.
Rata-rata mobile PC dijual seharga US$732 (Rp 6,6 juta) sementara tahun lalu rata-rata seharga US$868 (Rp 7,8 juta)
Harga murah bukanlah satu-satunya alasan. Mininotebook juga ikut terkena dampak dari produk tablet layar sentuh yang memiliki harga relatif dekat dengan mininotebook.
Banyaknya perhatian pada iPad milik Apple juga membantu meningkatkan perhatian dari para konsumen. Di awal Mei, Apple telah menjual 1 juta iPad. IDC perkirakan 7,6 juta tablet terkapalkan di akhir 2010, dan di kategori ini terjual 42 juta unit hingga 2014.
Gartner tidak hanya menghitung perangkat seperti iPad dalam kategori mobile PC. Inijuga termasuk ‘media tablet’ dan dilaporkan dalam statistik perangkat mobile. Kategori ini diperkirakan akan meningkat tajam tahun depan dari iPad maupun para kompetitor seperti Dell, Hewlett-Packard, Asus, dan lainnya.[ito]



source

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita