Delete this element to display blogger navbar

Udah Pernah Makan BABI yang HALAL dan BERGIZI Belum Gan??

Bulu Babi gan!
Babi? Semua pasti dari kecil sudah diberitahu kalau babi itu haram, tapi babi yang ini beda. Bulu Babi adalah biota ekinodermata yang berasal dari lebih 540 juta tahun yang lalu. Bulu babi ini mempunyai gonad, yang sudah menjadi makanan populer di Korea dan Jepang, dan juga menjadi makanan tradisional di Chili. Namun dibalik atraksi kulinernya, bulu babi dikenal mempunyai sistem immune yang kuat dan umur yang panjang, beberapa dapat hidup sampai 100 tahun.
masyarakat Jepang sebagai masyarakat penggemar hasil-hasil laut, produk bulu babi berupa telur (gonad) sangat digemari. Bila kita masuk ke warung-warung sushi, produk bulu babi berupa telur, yang dikenal dengan “uni” dan harganya sangat mahal. Untuk satu kilogram uni di Jepang harganya berkisar antara 50 sampai $ 500 US, tergantung warna dan teksturnya.
Gonad pada Bulu babi yang berwarna Orange

Jenis-jenis makanan yang dibuat dari Bulu Babi
Uni Sushi 

Besok2 kalo ke resto Sushi pesen Uni Sushi gan 
ada flashdisknya juga gan 

Sup Bulu Babi asli pulau Serangan (lebih dikenal dengan nama Sup Toro-Toro

Bulu Babi dengan Roti Mentega khas Sulawesi

Pepes Bulu Babi 
 
Bulu Babi Goreng dari Mexico
 
Ini Bulu Babi juga tapi nggak tau diapain gan…. dari Mexico juga (dari foodgps.com)

Sebetulnya masih banyak yang lainnya gan terutama di daerah sulawesi, tapi pengetahuan TSnya dikit 
BABI AJAIB YANG DAPAT MENJADI OBAT 
Proyek penelitian sekarang ini sudah banyak yang mengarah pada bagaimana sistem imun dari bulu babi ini bekerja. Sebagai perbandingan, manusia terlahir dengan imunitas alami dan juga dilengkapi dengan imunitas tambahan sepanjang waktu, yang diproduksi oleh antibodi tubuh dalam merespon berbagai macam infeksi. Sedangkan bulu babi hanya mempunyai imunitas alami, dengan 10 sampai 20 kali gen lebih banyak dari manusia. Harapannya adalah dengan mengkaji bulu babi akan menyediakan sebuah set baru antibodi dan antiviral untuk melawan berbagai macam penyakit. Para peneliti banyak menggunakan bulu babi untuk mengkaji penyakit seperti kanker, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.
Meskipun biota ini adalah invertebrata, namun pada level genetik biota ini mempunyai kesamaan lebih dari 7000 gen dengan manusia. Hal yang sangat menakjubkan adalah meskipun tidak mempunyai mata, telinga dan hidung, tetapi biota ini indra untuk melihat, mendengar dan mencium, dari gen manusia yang dimilikinya.
Hal yang menguntungkan juga dengan menggunakan bulu babi adalah proses reproduksi yang cepat dari biota ini, sehingga jumlah sample juga tidak menjadi masalah. Maka akan mendukung penelitian berjalan dengan cepat.
Dengan pemetaan DNA yang lengkap dari biota ini, ilmuwan dapat mempelajari bagaimana memperlakukan dan mencegah penyakit pada manusia dengan lebih baik. Mungkin suatu hari dokter dapat mengetahui dengan tepat bagaimana memperlakukan dan bahkan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.
sumber : netsains.com
BABI YANG KAYA GIZI 
Gonad bulu babi sebagai organ reproduksi merupakan timbunan protein berkualitas tinggi yang kaya akan asam-asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dari hasil analisa kualitatif gonad bulu babi Diadema setosum diketahui bahwa dalam gonad tersebut ditemukan lima asam amino esensial bagi orang dewasa yaitu lisin, metionin, fenilalanin, threonin, dan valin, dua asam amino esensial bagi anak-anak yaitu arginin dan histidin, juga ditemukan asam amino esensial lain yaitu asam aspartat, asam glutamat, glisin, serin (Ismail et al 1981 dalam Darsono 1982 diacu dari Ratna 2002). Beberapa jenis asam amino yang terkandung dalam gonad bulu babi sangat berperan dalam karakterisasi rasa spesifik gonad bulu babi (Fuke dalam Shahidi dan Botta 1992). Jenis-jenis asam amino tersebut adalah glisin, valin, alanin, methionin, dan asam glutamat. Selain itu pula nukleotida dari jenis IMP (Inosin Mono Phosphat) dan GMP (Guanosin Mono Phosphat) juga ikut memengaruhi karakterisasi rasa gonad bulu babi, terutama dalam pembentukan rasa ”umami”, yaitu rasa khas seperti golongan daging.
sumber :ulfana.multiply.com
KALAU KETUSUK BULU BABI GIMANA GAN?
Jangan panik gan, memang jika kita menginak bulu babi bisa menyebabkan demam selama berminggu-minggu karena racun yang ada pada durinya, cara menangkalnya untuk pertolongan pertama dengan (maaf) mengencingi bagian yang tertusuk dan menghancurkan serpihan duri dengan benda keras
Gimana? Babi yang ini Halal bukan? 
Bulu Babi kini menjadi komoditi ekspor seafood Indonesia yang lumayan meningkat tiap tahunnya. Namun Bulu babi adalah biota laut yang reproduksinya lambat. Bulu Babi hanya hidup di laut atau pantai yang bersih, bahkan bisa dijadikan indikator kebersihan pantai. Maka itu jangan buang sampah ke laut ya!
MACAM_MACAM WARNA BULU BABI GAN!
bulu babi:
 
 
 
 Ini Bulu Babi gan… bukan rambutan… :-D
 
 Bulu Babi? Bukan ini Rambutan gan… undefined
 
 
wah, bulu babi toh, kirain ane ada babi yang mualaf, kan halal tuh..  :-D




Sumber : http://kaskusnews.us/2010/05/15/udah-pernah-makan-babi-yang-halal-dan-bergizi-belum-gan/

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita