Delete this element to display blogger navbar

Lars Vilks, Pembuat Kartun Nabi Muhammad (2007-2010)




LARS VILKS lahir di Helsingborg, Swedia. Ayahnya berasal dari Estonia dan ibunya Swedia. Ia menerima gelar Ph.D. dibidang sejarah seni dari Universitas Lund pada tahun 1987.  Kemudian bekerja di Oslo National Academy of the Arts (1988-1993). Dari tahun 1997 hingga 2003, ia menjadi profesor teori seni di Bergen National Academy of the Arts. Vilks adalah pendukung teori institusional seni. Vilks mulai dikenal pada tahun 1980 sebagai pembuat patung kayu yang diberinya nama Nimis dan ARX, karyanya itu sekarang diletakkan di cagar alam Kullaberg di Hoganas Kota, Skåne, Swedia.


Kontroversi 1997


Awalnya Lars Vilks menggambar kartun nabi Muhammad SAW dalam bentuk anjing (hewan yang haram untuk dimakan dan disentuh oleh muslim) untuk dipamerkan pada saat moment pameran seni lokal di kota kecil Tällerud di Värmland, Swedia, pada bulan Juli 2007. Namun karya instalasinya itu dihapus dalam daftar oleh penyelenggara pameran, karena alasan keamanan yang tentunya hanya akan memancing kemarahan umat muslim. Marta Wennerström, penyelenggara pameran, mengatakan bahwa pada awalnya ia “tidak menyadari bahaya akan terjadi”, dia baru membuat keputusan untuk menghapus gambar tersebut setelah dia berkonsultasi dengan instansi pemerintah Swedia dan orang-orang swasta.
Setelah penolakan pertama yang mempublikasikan gambar-gambarnya, Vilks kemudian menyampaikan keluhannya di sekolah tempat dia mengajar, yaitu Gerlesborg School of Fine Art, di Bohuslän. Vilks berharap karyanya dapat dipamerkan pada saat diselengarakannya pameran khusus guru ‘yang akan dibuka pada tanggal 18 Agustus 2007. Namun, pada tanggal 13 Agustus, pihak sekolah memutuskan untuk menolak gambar tersebut, lagi-lagi dengan alasan keamanan. Ini adalah penolakan kedua.
Sayangnya setelah penolakan-penolakan itu, Vilks tetap keras hati. Lelaki berkacamata itu mengirimkan karyanya di beberapa galeri seni lainnya di Swedia namun semua galeri itu menolak
Kontroversi mulai muncul dan menjadi perhatian internasional setelah surat kabar harian Nerikes Allehanda yang berbasis di Orebro, Swedia, menerbitkan salah satu gambar karya Vilks pada tanggal 18 Agustus 2007, alasan surat kabar tersebut adalah self-sensor (kekebasan pers dalam menyampaikan informasi yang sudah dilakukan proses sensor) dan juga dengan dalih kebebasan beragama. Dan ternyata, beberapa surat kabar terkemuka di Swedia lainnya sudah pula menerbitkan gambar-gambar karya Vilks seperti surat kabar Dagens Nyheter, Expressen dan Uppsala Nya Tidning.
Tentunya ini menyebabkan protes keras dari seluruh umat Muslim di Swedia, disusul pengutukan secara resmi dari pemerintah Iran, Pakistan, Afghanistan, Mesir, Yordania, termasuk Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang mewakili 57 negara Muslim. Pengutukan itu mencuat dari tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 Agustus. Sekretaris jenderal OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu, meminta pemerintah Swedia agar mengambil tindakan penghukuman langsung kepada Lars Vilks dan media massa yang menerbitkan kartun tersebut, dan meminta maaf tanpa adanya pembelaan untuk mereka.
Pada tanggal 31 Agustus, pendukung dari partai-partai Islam di Pakistan membakar bendera Swedia di kota Lahore. Sebuah patung Perdana Menteri Swedia juga dibakar untuk memprotes kartun tersebut.
Pada tanggal 1 September, surat kabar Afghanistan Kabul Times menerbitkan sebuah pernyataan ulama, imam dan Departemen Bimbingan Islam Afghanistan. Pernyataan itu mengatakan bahwa “Lawan musuh-musuh Islam yang menggambar kartun Nabi yang sangat dihormati Islam. Ini telah mengganggu dunia Islam dan membangkitkan kemarahan umat Islam”. Pernyataan itu menuntut agar mereka yang telah menghina nabi Muhammad SAW bertanggung jawab, dan harus menyerahkan diri kepada pengadilan.
Pada tanggal 3 September, Departemen Agama Wakaf Mesir mengutuk, “Ini tindakan yang tidak bertanggung jawab yang tidak kondusif bagi hubungan persahabatan antara dunia Islam dan barat”.Pada hari yang sama, pemerintah Yordania mengutuk surat kabar yang telah menerbitkan kartun tersebut. Seorang juru bicara pemerintah mengatakan, “Penerbitan kartun itu seakan berusaha menyerang karakter Nabi Muhammad, ini tidak bisa diterima, Harus ditolak dan dikutuk!”

Kepala Lars Vilks Seharga $ 100.000 


Sebenarnya konstroversi kartun nabi Muhamamad yang dibuat oleh Vilks terjadi sekitar satu setengah tahun setelah kontroversi pembuatan poster nabi Muhammad di Denmark tahun 2006.
Setelah kontroversi ini, Vilks dipaksa hidup di bawah perlindungan polisi Swedia setelah menerima beberapa ancaman mati, termasuk pernyataan oleh Negara Islam Al-Qaeda Irak pada tanggal 15 September, yang memberikan hadiah $ 100.000 atau sekitar Rp 909 juta kepada siapa saja yang mampu membawa kepala Vilks, dan $ 50.000 untuk harga kepala Ulf Jahansson, editor surat kabar Nerikes Allehanda. Pernyataan itu dipublikasikan dalam bentuk file audio di sebuah situs Islamis dan dibaca oleh orang yang mengidentifikasi dirinya sebagai Abu Omar al-Baghdadi, kepala purported Negara Islam Irak.
“Kami mengumumkan hadiah sebesar $ 100.000 bagi siapa saja yang membunuh penjahat ini. Hadiah akan dinaikkan menjadi $ 150,000 jika ia disembelih seperti anak domba.” Pernyataan itu juga mengancam serangan terhadap perusahaan surat kabar Swedia kecuali yg tidak mempublikasikan kartun tersebut. Vilks yang mengetahu berita itu menanggapi dengan pernyataan, “Saya rasa ini hanya akan membuat proyek seni saya menjadi sedikit lebih serius. Ini juga baik untuk mengetahui berapa banyak orang yang akan menilai.”
Amerika Serikat berbasis SITE Institute (sebuah organisai yang melacak aktivitas online organisasi yang dianggap teroris) telah melaporkan bahwa website yang membuat pernyataan untuk membunuh Vilks tersebut dijalankan oleh militan Islam. Lebih dari 100 perusahaan Swedia dengan alamat, peta dan logo terdaftar di sana. Situs-situs mereka meminta pembaca untuk memboikot perusahaan-perusahaan yang mempublikasikan kartun nabi Muhammad dan “membalas dendam” kepada surat kabar Swedia yang telah mempublikasikan gambar-gambar tersebut..
Para Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian (European Council for Fatwa and Research) disingkat ECFR dan Federasi Organisasi Islam di Eropa (FIOE) keduanya mengecam hukuman mati terhadap Vilks dan Johansson.
Sementara itu organisasi The World Association of Newspapers (WAN) yaitu sebuah organisasi media nirlaba yang menganggap diri organisasi non-pemerintah, mewakili lebih dari 18.000 surat kabar di seluruh dunia, mengeluarkan pernyataan di mana mengutuk ancaman kematian dan menyatakan dukungan untuk Nerikes Allehanda untuk mempublikasikan gambar tersebut.

Kontroversi 2010


Pada tanggal 9 Maret 2010, tujuh orang ditahan di Republik Irlandia atas dugaan melakukan rencana pembunuhan terhadap Vilks. Ada tiga laki-laki dan dua orang perempuan yang ditahan di Waterford dan Tramore, juga seorang laki-laki dan wanita di Ballincollig, dekat Cork. Berdasarkan otoritas pemerintah Amerika Serikat dan Swedia setelah 3 hari dalam tahanan, empat orang terdakwa dibebaskan setelah diinterogasi selama tujuh hari.
Garda Síochána (kepolisian Irlandia), yang melakukan penangkapan dengan mendapat dukungan dari National Support Services dan Special Detective Unit (SDU), mengatakan bahwa para tersangka diperkirakan berusia sekitar 20  sampai dengan 40 Tahun. Pihak keposian Irlandia (Garda Síochána) juga menambahkan bahwa selama penyelidikan mereka bekerja sama dengan lembaga penegak hukum di Amerika Serikat dan di sejumlah negara Eropa. Dua petugas polisi melakukan investigasi itu mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan yang ditangkap tersebut adalah warga asing Irlandia, sebagian besar dari Yaman dan Maroko .
Pada hari yang sama,  Colleen R. LaRose juga dikenal dengan nama JihadJane dan Fatima LaRose, dipublikasikan penangkapannya karena telah merekrut teroris Islam untuk melakukan pembunuhan terhadap Viks. Dia ditangkap pada bulan Oktober 2009 di pinggiran kota Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Kacamata Pecah dan Rumah Dibom


Pada tanggal 11 Mei 2010, pengunjuk rasa muslim menyerang Vilks, ketika dia sedang memberikan mata kuliah kebebasan berbicara di Uppsala University. Serangan itu dimulai setelah Vilks menunjukkan film seniman Iran, Sooreh Hera, tentang Islam dan homoseksualitas.
Kacamata Vilks pecah, tapi dia tidak mendapat luka serius. Ia diantar pihak keamanan, sementara itu beberapa pengunjukrasa ditahan oleh polisi. [*]
Beberapa hari kemudian, pada tanggal 15 Mei 2010 rumah Vilk di Swedia Selatan dibom molotov. Pelaku memecahkan jendela dan melemparkan botol bensin. Vilks tidak ada di rumah pada saat serangan itu.


Sumber Referensi :
  • a b Pakistan Ministry of Foreign Affairs (2007-08-30). “PAKISTAN CONDEMNS THE PUBLICATION OF OFFENSIVE SKETCH IN SWEDEN”. Press release. http://www.mofa.gov.pk/Press_Releases/2007/Aug/PR_234_07.htm. Retrieved 2007-08-31.
  • a b Salahuddin, Sayed (2007-09-01). “Indignant Afghanistan slams Prophet Mohammad sketch”. Reuters. http://in.reuters.com/article/SouthAsiaNews/idINIndia-29281220070901. Retrieved 2007-09-09.
  • a  b  Ströman, Lars (2007-08-18). “Rätten att förlöjliga en religion” (in Swedish). Nerikes Allehanda. http://www.na.se/artikel.asp?intId=1209627. Retrieved 2007-08-31.
    English translation: Ströman, Lars (2007-08-28). “The right to ridicule a religion”. Nerikes Allehanda. http://www.na.se/artikel.asp?intId=1209676. Retrieved 2007-08-31.
  • a b “Iran protests over Swedish Muhammad cartoon”. Agence France-Presse. 2007-08-27. http://www.thelocal.se/8305/20070827/. Retrieved 2007-08-27.
  • a b Fouché, Gwladys (2007-09-03). “Egypt wades into Swedish cartoons row”. The Guardian. http://media.guardian.co.uk/presspublishing/story/0,,2161595,00.html. Retrieved 2007-09-09.
  • a b “Jordan condemns new Swedish Mohammed cartoon”. Agence France-Presse. 2007-09-03. http://news.yahoo.com/s/afp/20070903/wl_mideast_afp/jordanswedenislam_070903124623. Retrieved 2007-09-09.
  • a b Organization of the Islamic Conference (2007-08-30). “The Secretary General strongly condemned the publishing of blasphemous caricatures of Prophet Muhammad by Swedish artist”. Press release. http://www.oic-oci.org/press/English/2007/08/caricatur.htm. Retrieved 2007-09-09.
  • “Argument 6 september 2007 : Debatt om Yttrandefrihet”. Argument. Sveriges Television. SVT1. 2007-09-06. No. 1, season 2.
  • a b “Islamists push for boycott of Swedish firms”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local. 2007-09-19. http://www.thelocal.se/8542/20070919/. Retrieved 2007-09-19.
  • “Muhammed som rondellhund stoppas” (in Swedish). Nya Wermlands-Tidningen. 2007-07-20. http://www.nwt.se/ArticlePages/200707/20/20070720205557_NWT845/20070720205557_NWT845.dbp.asp. Retrieved 2007-08-27.
  • Brink, Bosse (2007-07-21). “Teckningar på Muhammed togs bort” (in Swedish). Svenska Dagbladet. http://www.svd.se/dynamiskt/inrikes/did_16316985.asp. Retrieved 2007-08-27.
  • Sjöstrand, Johan (2007-07-13). “Stopp igen för Vilks Muhammed-bilder” (in Swedish). Svenska Dagbladet. http://www.svd.se/dynamiskt/kultur/did_16670977.asp. Retrieved 2007-08-27.
  • “President castigates Swedish daily for publishing blasphemy”. Islamic Republic News Agency. 2007-08-28. http://www2.irna.com/en/news/view/line-17/0708280953195316.htm. Retrieved 2007-09-12.
  • “Ahmadinejad claims ‘Zionists’ behind Swedish cartoon”. Agence France-Presse/The Local. 2007-08-28. http://www.thelocal.se/8319/20070828/. Retrieved 2007-08-28.
  • Savage, James (2007-08-30). “Muhammad cartoon: Sweden ’sorry for hurt feelings’”. The Local. http://www.thelocal.se/8341/20070830/. Retrieved 2007-08-31.
  • “Muslims Protest Swedish Newspaper’s Cartoon of Prophet Muhammad”. Associated Press. 2007-08-31. http://www.foxnews.com/story/0,2933,295431,00.html. Retrieved 2007-09-10.
  • Hedtjärn, Erik (2007-08-24). “Demonstration mot Muhammedhundar” (in Swedish). Dagens Nyheter. http://www.dn.se/DNet/jsp/polopoly.jsp?d=1058&a=684516. Retrieved 2007-08-27.
  • “Reinfeldt speaks out about Muhammad controversy”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local. 2007-08-31. http://www.thelocal.se/8350/20070831/. Retrieved 2007-08-31.
    “Demonstrators in Muhammad picture protest”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local. 2007-08-31. http://www.thelocal.se/8351/20070831/. Retrieved 2007-08-31.
  • a b “Muslim ambassadors ‘made no demands’”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local/Agence France-Presse. 2007-09-07. http://www.thelocal.se/8424/20070907/. Retrieved 2007-09-12.
  • “Muslim ambassadors: ‘Sweden needs to change its laws’”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local/Agence France-Presse. 2007-09-06. http://www.thelocal.se/8412/20070906/. Retrieved 2007-09-12.
  • “Sweden Apologizes for Newspapers Offending Muslims”. Syrian Arab News Agency. 2007-09-05. http://www.sana.org/eng/22/2007/09/05/137784.htm. Retrieved 2007-09-12.
  • “Muhammad cartoons spark new protest”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local. 2007-09-07. http://www.thelocal.se/8428/20070907/. Retrieved 2007-09-12.
  • Scherlund, Erik (2007-08-31). “Lars Vilks hotad till livet” (in Swedish). TV4Nyheterna. http://tv4nyheterna.se/1.163969/nyheter/2007/08/31/lars_vilks_hotad_till_livet. Retrieved 2007-09-12.
  • “Kvinna delgiven för mordhot av Vilks” (in Swedish). Tidningarnas Telegrambyrå. 2007-09-05. http://www.svd.se/dynamiskt/inrikes/did_17015499.asp?blogAbuseID=36649. Retrieved 2007-09-12.
  • The Local – Sculpture by controverial [sic] artist set on fire
  • “Al-Qaida: Bounty on Swedish cartoonist”. Associated Press. 2007-09-15. http://news.yahoo.com/s/ap/20070915/ap_on_re_mi_ea/al_qaida_cartoonist_1. Retrieved 2007-09-15.
  • “Al-Qaeda puts bounties on heads of Swedes”. Agence France-Presse/The Local. 2007-09-15. http://www.thelocal.se/8498/20070915/. Retrieved 2007-09-15.
  • “Bounty set over Prophet cartoon”. BBC News. 2007-09-15. http://news.bbc.co.uk/2/hi/middle_east/6996553.stm. Retrieved 2007-09-15.
  • “European Muslims condemn death sentence”. Tidningarnas Telegrambyrå/The Local. 2007-09-17. http://www.thelocal.se/8517/20070917/. Retrieved 2007-09-19.
  • World Association of Newspapers (2007-09-17). “WAN Backs Swedish Publishers in Freedom of Expression Dispute”. Press release. http://www.wan-press.org/article15067.html. Retrieved 2007-09-19.
  • a b Pogatchnik, Shawn (2010-03-09). “Irish arrest 7 over threat to kill Swedish artist”. The Buffalo News/Associated Press. http://hosted.ap.org/dynamic/stories/E/EU_PROPHET_DRAWINGS?SITE=NYBUE&SECTION=HOME&TEMPLATE=DEFAULT. Retrieved 2010-03-09.
  • a b “Arrests over alleged plot to kill cartoonist”. Raidió Teilifís Éireann. 2010-03-09. http://www.rte.ie/news/2010/0309/waterford.html. Retrieved 2010-03-09.
  • Stack, Sarah (2010-03-09). “Seven held in Ireland over plot to assassinate cartoonist Lars Vilks”. The Independent. http://www.independent.co.uk/news/world/europe/seven-held-in-ireland-over-plot-to-assassinate-cartoonist-lars-vilks-1918672.html. Retrieved 2010-03-09.
  • a b Garda Síochána (2010-03-09). “Searches in Waterford and Cork on the 9/3/10.”. Press release. http://www.garda.ie/Controller.aspx?Page=5105. Retrieved 2010-03-09.
  • Emily Friedman and Jason Ryan (May 9, 2010). “American Colleen LaRose Called Herself Jihad Jane”. ABC News. http://abcnews.go.com/WN/TheLaw/colleen-larose-jihad-jane-indicted-charges-helping-terrorists/story?id=10055608.
  • “Lars Vilks Muhammad drawings controversy”,Wikipedia, (2010).
  • Pembuat Kartun Nabi Muhammad Diserang Saat Mengajar, Dapunta, (May 12, 2010). http://www.dapunta.com/pembuat-kartun-nabi-muhammad-diserang-saat-mengajar.html
  • Rumah Kartunis Nabi Muhammad di Bom, Dapunta,  (May 16, 2010). http://www.dapunta.com/rumah-kartunis-nabi-muhammad-dibom.html

share on facebook

 
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon More
Design by Kumpul Berita